Kembalikan Pengelolaan BOS ke Pusat

 

Sebanyak 50 persen sekolah yang mendapatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) mengeluhkan sistem BOS tahun 2011. “Banyak sekali guru yang tidak mengerti tentang pembuatan rencana kerja anggaran (RKA). Karena itu, sistem pengelolaan dana BOS banyak diminta agar kembali seperti sebelumnya,” kata Manajer BOS Kota Serang Bachraeni di Serang, Banten, Senin (21/11).

“Ada sekitar 50 persen sekolah yang masih bingung membuat RKA karena harus rinci, sementara para guru tidak punya waktu luang banyak untuk memikirkan pembuatan RKA ini. Para guru umumnya kebingungan saat membuat koring (kode rekening-red). Jika BOS disalurkan ke kas daerah, maka mau tidak mau pembuatan usulan dana BOS harus mengikuti APBD yang ada,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini guru biasa membuat rencana kerja sekolah (RKS). Pembuatan RKS ini dirasakan lebih mudah karena selain tidak sangat rinci, juga tidak ada koring. Karena itu, pihaknya menyambut baik jika pengelolaan BOS ini ditarik ke pusat.

“Kalau dana BOS dikelola lagi oleh pusat, maka Pemkot hanya melakukan pendataan jumlah penerima yang disampaikan ke Pemprov Banten, melakukan pembinaan, monitoring, serta pelaporan daya serap saja,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Serang, ada penambahan jumlah penerima BOS untuk tahun 2012 dibandingkan penerima BOS tahun ini, baik untuk SD maupun SMP untuk tahun ajaran 2011/2012.

Tahun 2012, jumlah penerima dana BOS untuk SMP negeri yakni 19.173 siswa dan SMP swasta 5.103 siswa. Sedangkan untuk SD negeri 73.869 siswa dan SD swasta 5.139 siswa.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan (DPKD) Kota Serang Komarudin mengungkapkan secara lisan Direktorat Dana Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberitahukan bahwa pengelolaan dana BOS akan ditarik kembali ke pemerintah pusat. Tak disampaikan alasan penarikan kembali tersebut.

“Berdasarkan informasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dana BOS nanti akan langsung ditransferkan ke rekening masing-masing sekolah, dan diawasi oleh Pemprov Banten. Pemprov yang nantinya mengkoordinasikan data dari kabupaten/ kota,” katanya.

Source : http://www.metrotvnews.com/read/news/2011/11/21/72684/
Sekolah-Lebih-Suka-Pengelolaan-Dana-BOS-kembali-ke-Pusat/6

About hisyam.kuningan

Staf Pengajar MTsN Model Cigugur Kab. Kuningan Jawa Barat

Posted on 26/12/2011, in Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s